Bina Desa Jabung, Dinas Perikanan Bantu Bibit dan Pakan Ikan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Endang Retnowati menyerahkan bantuan bibit ikan lele kepada Ahmad, ketua kelompok perikanan di Dusun Mindi, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyerahkan bantuan bibit ikan lele dan pakan ikan kepada masyarakat Dusun Mindi, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur, saat acara Bina Desa, Kamis (06/09/2018) siang.

 

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Sumbodo Kresno Yuwono.

BANTUAN ribuan ekor bibit lele dan pakan ikan tersebut diserahkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Ir. Endang Retnowati kepada Ahmad (53), warga Dusun Mindi RT 3/RW 4, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, disaksikan para anggota kelompok. “Semoga bantuan ini bermanfaat bagi kelompok di sini. Namun jangan sampai setelah mendapat bantuan kemudian kelompoknya buyar, nanti rugi sendiri,” pesan Endang Retnowati.

Ahmad, ketua kelompok perikanan di Dusun Mindi, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, menebar benih ikan lele di kolam yang terbuat dari terpal, dibantu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Endang Retnowati.

Ahmad, mewakili teman-temannya mengaku sangat berterima kasih karena mendapat bantuan bibit dan pakan ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Malang. Bahkan mereka berharap ada penyuluhan bagi anggota kelompok agar budidaya ikan dapat berlangsung terus-menerus.

“Sebetulnya kami sudah pernah budidaya ikan lele, menggunakan terpal seperti ini. Tapi tak berhasil. Gagal, karena pakannya mahal. Waktu itu harganya  sekitar Rp 100 ribu per zak. Walau panen, tapi gagal. Bahkan banyak ikan yang  mati, lebih dari  50 % lebih yang mati,” kata Ahmad. “Saya tebar 500 ekor, hanya panen 50 ekor. Yang lain mati,” sela temannya.

Karena itu, Ahmad  berharap, ke depan, ada penyuluhan bagaimana caranya beternak ikan yang baik dan benar. Mereka juga minta bantuan bibit dan pakan. “Sebab, kami kesulitan dipakan. Padahal harga jual ikan sangat bagus, sekitar Rp 14 ribu/kg untuk ukuran konsumsi. Dalam waktu 3 bulan sudah panen,” kata Ahmad.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan dan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Sumbodo Kresno Yuwono, menerangkan, potensi perikanan darat di Kabupaten Malang cukup besar.

“Saat ini tercatat lebih dari 200 kelompok budidaya perikanan darat. Hampir setiap desa ada kelompoknya. Ada yang kolam, karamba, jaring apung, dan sebagainya. Kolam itu isinya macam-macam, ada yang lele atau nila. Kalau kolam terpal semacam ini, kebanyakan lele,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, Endang Retnowati menjelaskan, berdasarkan informasi penyuluh, potensi perikanan darat di Jabung, cukup bagus, karena ketersediaan airnya juga cukup. Yang perlu ditingkatkan soal informasi. “Karena saat Bina Desa, kami dapat informasi, ternyata banyak masyarakat yang ingin budidaya ikan, tapi tidak tahu jalurnya kemana harus meminta. Banyak proposal yang masuk ke dinas. Ada yang minta pembinaan, bantuan benih dan sebagainya,” katanya. (mat)