Berawal Dari Penyakit Maag, Kini Produksi Sendiri

Ardiles dan istri menunjukan kopi kedelai buatannya.
  • Para penderita penyakit mag kini tak usah khawatir lagi bila ingin minum kopi. Sebab, kini sudah ada kopi yang terbuat dari kedelai yang aman bagi penderita mag. Kopi kedelai yang diberi nama Al-Marva itu diproduksi Ardiles, warga Jl. A. Yani Gg I No. 1 Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    “Saya ini punya penyakit mag. Namun di sisi lain saya penyuka kopi. Karena punya penyakit mag, oleh dokter saya dilarang minum kopi. Tapi saya ingin sekali minum kopi. Akhirnya saya buat kopi yang terbuat dari kedelai,” kata Ardiles mengawali pembicaraan.

    Awalnya, dia juga sekedar coba-coba. Hanya untuk dikonsumsi sendiri. Tapi ketika ada teman yang main ke rumahnya, ia suguhi kopi kedelai tersebut. “Ternyata respon teman-teman baik. Saya malah disuruh menjual kopi tersebut,” jelasnya.

Karena dapat dorongan positif dari teman-temannya, akhirnya sejak dua bulan lalu, Ardiles mencoba memproduksinya. Alat sangrainya pun ia buat sendiri. “Sebab, kalau beli mahal, sampai Rp 6 juta. Akhirnya saya buat sendiri. Jadi, kedelai yang disangrai itu keluar kopinya,” katanya.

Untuk sementara, kopi kedelai tersebut hanya diproduksi 10 kg dan dijual dengan harga Rp 10 ribu/kotak. Biasanya ia jual saat ada car free day setiap Minggu pagi di Jl. Ijen, Kota Malang. Selain itu juga dijual melalui jaringan online. “Mudah-mudahan bisa jalan,” harapnya seraya menambahkan kopi kedelai ini diproduksi dengan berbagai rasa, mulai original, jahe dan susu jahe.*