TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Salah satu warga menerima suntik vaksin jenis Sinovac di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (25/07/2021).

Belasan Ribu Warga Kabupaten Malang Ikut Vaksin Massal

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Belasan ribu warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengikuti vaksinasi massal di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Minggu (25/07/2021). Bupati Malang, HM Sanusi mentargetkan, dari 2,6 juta warga Kabupaten Malang, 1,8 juta warga divaksin agar imun tubuh terbentuk sehingga kebal melawan COVID-19.

 

Bupati Malang, HM Sanusi berdialog dengan Sekda Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, di sela-sela memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Minggu (25/07/2021).

 

Wakil Bupati Malang, Didik GS memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Minggu (25/07/2021).

SAYA harap semua masyarakat Kabupaten Malang mau melakukan vaksinasi, karena dengan vaksinasi dapat mengerem dampak COVID-19. Vaksin ini dipastikan aman, karena saya adalah orang pertama di Kabupaten Malang yang telah melakukan vaksinasi ketika awal vaksin ini digulirkan,” kata Bupati Malang, HM Sanusi.

Sanusi menambahkan, dari total 2,6 juta warga Kabupaten Malang, ditargetkan 1,8 juta warga dapat memperoleh vaksin. “Sebab, dengan adanya vaksin, tubuh akan membentuk imun, sehingga daya tahan tubuh akan lebih kuat dan kebal melawan COVID-19,” katanya.

Vaksinasi massal ini dihadiri juga Kapolres Malang AKBP R. Bagoes Wibisono, H. K., S. I. K., M.Si., Wakil Bupati Malang, Didik GS, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM.

Salah satu warga menerima suntik vaksin jenis Sinovac di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (25/07/2021).

Kegiatan ini dimulai apel dalam rangka koordinasi penertiban dan pengamanan vaksinasi massal agar dapat berjalan lancar. Sebab, jumlah penerima vaksin Sinovac ini kurang lebih 12.000 hingga 15.000 orang yang sebelumnya telah mendaftar melalui RT/RW masing-masing.

Sesi pertama vaksinasi massal  dimulai pukul 07.00  WIB hingga 11.00 WIB khusus untuk warga Kecamatan Kepanjen. Sedangkan sesi selanjutnya  untuk warga Kabupaten Malang dari luar Kecamatan Kepanjen.

Registrasi peserta vaksinasi dilayani di halaman Stadion Kanjuruhan dan di bilik vaksinasi di dalam lapangan Stadion Kanjuruhan. Untuk mengurai antrian peserta, kawasan vaksinasi dibagi menjadi 4 zona,  yaitu zona A, B, C, dan D yang masing-masing ditandai dengan warna merah, biru, kuning, dan  hijau.

Bupati Malang, HM Sanusi memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Minggu (25/07/2021). Kegiatan ini diikuti belasan ribu orang.

Panitia tetap melaksanakan protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun).  Sebelum divaksin, peserta harus melalui  skrining kesehatan. Apabila tubuh fit dan sehat, baru boleh mendapatkan suntik vaksin di bilik yang tersedia. Setelah mendapatkan vaksin, peserta dipersilakan menunggu beberapa saat untuk diobservasi, apakah vaksin yang diberikan menimbulkan efek samping seketika atau tidak. Usai observasi, peserta akan mendapatkan sertifikat vaksin dan diperbolehkan  pulang.

Sementara itu, terkait bantuan sosial bagi masyarakat Kabupaten Malang yang melakukan isolasi mandiri, Pemerintah Kabupaten Malang telah menyiapkan 2.500 paket sembako. Di antaranya, 5 kg beras dan 3 liter minyak goreng. Meskipun tetap melaksanakan aktifitas sehari-hari, Bupati Malang menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas). (iko/mat)