Batu Zona Orange, Wali Kota Siap Buka Obyek Pariwisata

BATU, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sampai Sabtu (20/06/2020) Kota Batu, Jawa Timur, masih masuk kategori zona orange. Artinya, masuk katagori resiko sedang, sehingga tetap pada fase transisi. Namun demikian Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko merencanakan akan membuka sejumlah hotel dan tempat wisata, namun dengan tetap mentaati protokol kesehatan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).

 

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat rapat koordinasi di Bakorwil Malang, Sabtu (20/06/2020) bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

 

HAL INI disampaikan Dewanti Rumpoko saat rapat koordinasi di Bakorwil Malang, Sabtu (20/06/2020) bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. “Kota Batu untuk saat ini masih di zona orange, masih dikategorikan resiko sedang, sehingga tetap pada fase transisi. Namun setelah 4 bulan hotel tutup, sebagian akan dibuka kembali,” katanya.

Dewanti menerangkan, saat ini ada 50 hotel yang sudah mengajukan permohonan membuka kembali usahanya. Namun baru 20 yang direkomendasi untuk dibuka. “Sedikitnya ada 50 penginapan atau hotel di Kota Batu telah mengajukan izin  beroperasi kembali. Namun, hanya 20 hotel yang direkomendasi,” katanya.

Menurut Dewanti, penjabarannya sangat rigid dan detail menilai kelayakan fasilitas obyek wisata dibuka atau tidak. Tapi yang jelas, ketika para wisatawan datang, kondisinya betul-betul harus aman, harus sesuai prosedur dan protokol kesehatan COVID-19. “Tidak lama lagi, insyallah akhir Juni, beberapa tempat pariwisata sudah dibuka kembali.  Tentu dengan situasi dan  kondisi terkontrol,” tegasnya.

Di sisi lain, Wali Kota Batu menyesalkan kurangnya kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan. “Saya minta teman-teman wartawan agar terus mengajak, kalau bisa setiap hari di pojok paling depan, semua jangan lupa masker, jangan lupa jaga jarak, dan sebagainya. Doakan semoga Malang Raya tetap menjadi wilayah yang hijau,” pintanya. (roz/mat)