Barongan Bambu di Jatimulyo Terbakar

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebuah lahan pohon bambu di Jl. Bunga Vinolia, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur,  terbakar Minggu (05/07/2020). Kebakaran berawal saat sampah berupa dedaunan, kayu, dan plastik didekat barongan (pohon bambu) tersebut dibakar saat kerja bakti.

 

Para petugas saat memadamkan barongan bambu yang dilalap api di Jatimulyo, Kota Malang.

 

KARENA api yang sangat besar, warga tidak berani mendekat. Selanjutnya, memanggil pemadam kebakaran (PMK) untuk memadamkan api.

“Ini tadi memang habis kerja bakti, kemudian membakar sampah. Karena angin cukup besar, api pun membesar. Sementara warga sudah pindah lokasi, mengerjakan pengecoran gorong-gorong,” terang Ketua RT 06 / RW 05, Kelurahan Jatimulyo, Suhadi.

Suhadi menambahkan, posisi bakarannya sudah cukup tinggi. Suaranya  meletus-letus, akhirnya warga tidak berani mendekat. Warga pun memanggil PMK karena api cukup besar dan lokasi barongan di pinggir jalan.

“Posisi pohon bambu dan bakarannya atas bawah. Di bagian akarnyan. Bambunya tinggi, sampai beberapa pohon tumbang. Kami takut menimpa rumah dan kabel listrik,” lanjutnya.

PMK membutuhkan waktu setidaknya setengah jam memadamkan rumpunan pohon yang terbakar. Dua mobil damkar didatangkan, untuk pemadaman. “Besar apinya, dari akar yang menyentuh aspal sampai atas. Ada potensi bambu menimpa rumah warga. Apinya juga menyambar kabel listrik,” kata Komandan Regu 4 PMK Kota Malang, Muhammad Soleh seraya menambahkan saat PMK datang ke lokasi, api sudah  besar.  (ide/mat)