TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Perbaikan dan perawatan KA angkutan lebaran di Balai Yasa Surabaya Gubeng.

Balai Yasa Surabaya Gubeng Siapkan 205 KA Angkutan Lebaran 2019

SURABAYA,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Menyambut arus mudik dan balik lebaran 2019, Balai Yasa Surabaya Gubeng mempercepat pengerjaan kereta api penumpang. Dari target 5 bulan menjadi 4 bulan. Sementara jumlah kereta api angkutan lebaran yang telah dikerjakan dan siap dioperasikan sebanyak 205 unit.

 

 

Perbaikan dan perawatan KA angkutan lebaran di Balai Yasa Surabaya Gubeng.

MENURUT Genereal Manager Balai Yasa Surabaya Gubeng, Irwansyah, Kamis (09/05/2019), pengerjaan perbaikan kereta api angkutan lebaran ini tidak hanya di bagian dalam (interior) maupun luar kereta api (eksterior), namun juga perbaikan besar.

Balai Yasa juga memastikan komponen roda dan rangka kereta api serta beberapa fasilitas kereta api lainnya, apakah sudah sesuai dengan standar keamanan yang telah diterapkan atau belum.

“Terlebih seluruh kereta api yang dipersiapkan ini digunakan untuk keperluan angkutan lebaran. Oleh sebab itu proses perbaikan dititikberatkan pada keamanan dan kenyamanan kereta api,” kata Irwansyah.

Perbaikan dan perawatan KA angkutan lebaran di Balai Yasa Surabaya Gubeng.

Dia menambahkan, dari 205 kereta api untuk angkutan lebaran,  yang sudah dikerjakan sejak Januari 2019, kini sudah rampung dan siap dioperasikan. Jumlah seluruh kereta api yang dikerjakan inipun sudah ditambah dengan 10 kereta api yang merupakan perbaikan di luar target.

“Untuk semester pertama, yang diperuntukkan pada angkutan lebaran 2019, kita mampu menyelesaikan lebih cepat dari target yang dicanangkan. Dari lima bulan yang ditargetkan, kita selesaikan hanya dalam waktu empat bulan,” ungkap Genereal Manager Balai Yasa Surabaya Gubeng, Irwansyah, Kamis (09/05/2019).

Dua ratus lima kereta api yamg disiapkan untuk angkutan lebaran ini terdiri dari 127 kereta api penumpang dan 78 gerbong barang. Semuanya  sudah siap dioperasionalkan untuk angkutan lebaran 2019. “Jadi,  sisa waktu satu bulan ini, dapat kita manfaatkan untuk perbaikan-perbaikan kecil serta mempersiapkan suku cadang untuk angkutan lebaran,” terang Irwansyah.

Sementara itu, saat ini Balai Yasa hanya tinggal merampungkan kereta tangki BBM milik Pertamina. Ditargetkan dalam pertengahan bulan in sudah selesai  dan siap dioperasikan untuk suplai BBM lebaran. (ang)