Arus Mudik, Jalur Ngantang – Kediri Rawan Macet

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Lebaran sudah di depan mata. Jika Anda hendak mudik, ada baiknya mewaspadai jalur yang rawan macet. Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Jawa Timur mencatat ada beberapa titik rawan macet, seperti di wilayah barat, jalur Ngantang, Kasembon, menuju Kediri.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi didampingi Kepala Bidang Keselamatan, Bambang Kartika memeriksa kondisi dalam bus yang melintas di Kepanjen.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lurfi.

“HAMPIR semua bagian mempunyai titik rawan macet, seperti di wilayah barat, jalur Kasembon, Ngantang menuju Kediri diprediksi berpotensial menjadi jalur macet,” terang Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, Minggu (10/06/2018).

Dia menambahkan, di jalur Kasembon – Ngantang, saat ini sedang ada perbaikan jalan yang dilakukan Dinas Bina Marga dan Pekerjaan Umum. “Selain itu di sana tidak ada jalan alternatif. Saya himbau untuk menghindari jalur itu. Lebih baik memilih jalan lain,” katanya.

Bagan jalur alternatif yang dibuat Dinas Perhubungan Kabupaten Malang.

Di bagian utara Kabupaten Malang, jalur Lawang – Singosari dan pertigaan Karanglo, diprediksi menjadi titik kepadatan arus lalu lintas. Untuk bagian selatan, jalur Karangkates- Sumberpucung – Kepanjen, diperkirakan akan terjadi kepadatan kendaraan. Sedangkan di wilayah timur Kabupaten Malang, di pertigaan Turen akan menjadi perhatian Dinas Perhubungan  Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi didampingi Kepala Bidang Keselamatan, Bambang Kartika memeriksa kelengkapan surat-surat angkutan umum yang melintas di Kepanjen.

Untuk mengantisipasi timbulnya kemacetan yang parah, Dinas Perhubungan bersama Polres Malang telah melakukan koordinasi. “Kita telah membahasnya. Ada beberapa alternatif yang bisa diambil, tergantung  kondisi di lapangan. Yang jelas,  kita sudah mempersiapkan beberapa jalur alternatif,  seperti menghindari Pasar Lawang maupun pasar tradisional lain yang sering terjadi kemacetan,” jelasnya.

Demi kenyamanan dan keselamatan para pemudik, Lutfi mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan individu dan kendaraaan. “Persiapkan sehat orang dan sehat kendaraan. Pastikan mudik Anda nyaman dan selamat dengan mempersiapkan segala sesuatunya. Patuhi rambu dan aturan. Jangan paksakan berkendara jika badan sudah capek,” himbau Hafi Lutfi. (diy)