TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Inilah swab box sumbangan alumni FKUB untuk RSUB Malang.

Alumni FKUB Sumbang RSUB Swab Box

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Alumni  Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya  (FK UB) memberikan sumbangan swab box untuk tim medis Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) Malang, Jawa Timur serta untuk screening pasien COVID-19. Hal itu merupakan salah satu perhatian dan tanggungjawab dari alumni.

 

 

Inilah swab box sumbangan alumni FKUB untuk RSUB Malang.

“COVID-19 ini merupakan pandemi yang harus segera diatasi. Karena itu, alat ini penting untuk melindungi tenaga kesehatan agar jangan sampai tertular,” terang dr. Aries Budianto, Sp.B Ketua IKA FKUB, Selasa (21/04/2020).

Aries menjelaskan, saat ini RSUB, telah ditunjuk Kementerian Kesehatan sebagai laboratorium rujukan kasus COVID-19. Ada dua laboratorium lagi di Jawa Timur yang menjadi rujukan, yakni RS Unair dan RSUD Dr. Sutomo, Surabaya.

Box swab tes berupa bilik yang memisahkan tenaga medis dan pasien yang dites swab. Pasien masuk bilik dengan papan kecil sebagai meja dan dua lubang untuk tangan tenaga medis. Pasien dan tenaga medis diberi sekat yang memisahkan.

Sementara itu, Direktur RSUB, Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes, menyampaikan, pemberian swab box akan menjadi standar keamanan RSUB dalam menerima pasien. “Pada prinsipnya kami ingin dari depan hingga belakang safety,” katanya.

Swab box tersebut digunakan untuk pemeriksaan swab PCR yang selama ini menggunakan cara manual, yakni dengan pelindung yang ada. Dengan swab box ini, pasien dan tenaga medis dipisahkan dalam 2 bilik, dilengkapi dengan sarung tangan karet. (ide/mat)