Almarhum KH Hasyim Muzadi Raih PWI Jatim Award 2020

Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim menyerahkan penghargaan PWI Jatim Award 2020 kategori Prime Achievement kepada KH. Hasyim Muzadi (Alm), Pendiri Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam, Kota Malang, Rabu (08/07/2020) yang diwakili Ketua Yayasan Al Hikam, Gus Hakim Hidayat. (ist)

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim memberikan penghargaan PWI Jatim Award 2020 kategori Prime Achievement kepada KH. Hasyim Muzadi (Alm), Pendiri Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikam, Kota Malang. Penghargaan diserahkan Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim kepada Ketua Yayasan Al Hikam, Gus Hakim Hidayat, Rabu (08/07/2020) di Malang.

 

 

Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim (ist)

SALAH SATU alasan penghargaan diberikan kepada KH Hasyim Muzadi, PWI Jatim menilai spirit perjuangan mantan Ketua Umum PBNU ini sangat besar terhadap komitmen kebangsaan yang kuat dan keberagamannya. Selain itu KH Hasyim juga memiliki kepedulian dan kedekatan dengan insan pers, baik saat memimpin PWNU Jawa Timur maupun saat memimpin PBNU di Jakarta.

Almarhum KH Hasyim Muzadi (ist)

“Kami memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi yang sangat luar biasa kepada almarhum KH Hasyim Muzadi dengan spirit keberagaman dan kebangsaannya. Beliau juga sangat dekat dengan teman-teman wartawan, baik saat di Jatim sampai di tingkat nasional,” kata Ainur Rohim yang didampingi beberapa pengurus PWI Jatim dan Ketua PWI Malang Raya, M. Ariful Huda saat menyerahkan penghargaan.

Mantan wartawan Memorandum ini pun mengenang perjuangan KH Hasyim Muzadi saat memimpin PWNU Jatim yang begitu dekat dengan wartawan. Pemikiran-pemikirannya yang luas menambah pengetahuan para wartawan yang sering mewawancarainya. “Kapan pun beliau ada waktu, akan menerima wartawan. Setelah itu biasanya dialog santai sambil minum kopi. Pemikiran beliau soal kebangsaan sangat luas, apalagi pemikiran keagamaannya,” ungkapnya.

Rohim menjelaskan, penghargaan PWI Jatim Award 2020 rutin diberikan saat Hari Pers Nasional (HPN). Tahun 2020 ini ada 18 tokoh regional dan nasional yang mendapatkan penghargaan PWI Jatim Award. Awalnya, penghargaan akan diberikan pada saat puncak peringatan HPN. Tapi karena waktunya bersamaan dengan pandemic COVID-19, akhirnya semua rencana dibatalkan.

“Akhirnya kami yang datang langsung kepada masing-masing tokoh untuk menyampaikan penghargaan ini,” jelasnya seraya menambahkan selain KH Hasyim Muzadi (alm), PWI Jatim Award 2020 juga diberikan kepada Dr (HC) Ir. KH. Salahudin Wahid (alm), Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, dan tokoh lainnya.

Putra KH Hasyim Muzadi, Gus Hakim Hidayat mengucapkan terima kasih atas penghargaan PWI Jatim Award 2020 yang diberikan kepada KH Hasyim Muzadi. Selain sebagai apresiasi terhadap spirit perjuangan almarhum, juga sebagai bentuk pengakuan terhadap KH Hasyim Muzadi. “Ini akan menjadi bahan renungan kami untuk memaknai perjuangan abah (KH Hasyim Muzadi),” terang Gus Hakim yang didampingi Kepala Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang,  KH. Drs. H. Muhammad Nafi’. (mat)