TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Keripik pisang produksi pengusaha Kabupaten Malang dijual di Alfamart.

Alfamart Pasarkan Produk UMKM Kabupaten Malang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Perusahaan ritel berjaringan nasional,  Alfamart, memasarkan produk UMKM/IKM Kabupaten Malang, Jawa Timur. Produksi masyarakat tersebut dijual di 49 Alfamart di Kabupaten Malang. Langkah ini sebagai upaya Alfamart membantu pemberdayaan pengusaha kecil.

 

Keripik pisang produksi pengusaha Kabupaten Malang dijual di Alfamart.

 

MOCHAMMAD Faruq Asrori, Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) mengatakan, pada tahap awal, pihaknya memasarkan lima produk UMKM, seperti keripik nangka, keripik pisang, keripik apel, dan stick nakde. “Produk UKM itu merupakan rekomendasi Disperindag Kabupaten Malang,” katanya,  Jumat (02/10/2020).

Alfamart menjual sejumlah keripik yang diproduksi pengusaha Kabupaten Malang.

Pada  tahap awal,  produk- produk UKM tersebut dipasarkan di 49 Alfamart yang tersebar di daerah Kabupaten Malang. Seperti di Alfamart Wendit (Kecamatan Pakis), Sengkaling (Kecamatan Dau), Pagentan (Kecamatan Singosari), Kalirejo (Kecamatan Lawang), Bunut Wetan (Kecamatan Pakis), Asrikaton (Kecamatan Pakis), Sumberpasir (Kecamatan Pakis), SPBU Pepen Kecamatan  Pakisaji, Banjararum (Kecamatan Singoasri), Randu Agung (Kecamatan Singosari), Panarukan (Kecamatan Kepanjen),  dan sebagainya.

Kepala Disperindag Kabupaten Malang, Dr. Agung Purwanto, M.Si, menunjukkan kopi yang diproduksi masyarakat Kabupaten Malang.

Nantinya jika produk UKM tersebut disukai konsumen, Alfamart akan membuka peluang memasarkan ke kota dan kabupaten yang masuk cabang Malang. “Kami di Malang mengcover 13 kota dan kabupaten, mulai Trenggalek ke timur hingga Malang. Belum lagi Jombang dan Monokerto. Kalau produknya laris, ya kita jual juga di luar kabupaten (Malang),” beber mantan wartawan ini.

Selain produk UMKM/IKM Kabupaten Malang, Alfamart juga menjual produk UKM di daerah lain. Misalnya Trenggalek, Batu, Mojokerto, Blitar, Pasuruan,  dan lain- lain. “Sudah menjadi komitmen Alfamart untuk tumbuh dan berkembang dengan UKM. Visi perusahaan salah satu poinnya adalah pemberdayaan pengusaha kecil,” pungkasnya.

Sementara itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang,  mengapresiasi langkah yang ditempuh Alfamart ini. “Kami berterima kasih sekali. Sebab,  jumlah UMKM  (Usaha Mikro Kecil Menengah)  dan IKM (Industri Kecil Menengah) di Kabupaten Malang banyak. Dengan cara ini, diharapkan pemasaran produk masyarakat Kabupaten Malang terbantu,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dr. Agung Purwanto, MSI, kemarin.  (aji/mat)