Aktivis Lingkungan Bersih-bersih Sungai

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sejumlah aktifis dan komunitas di sekitaran Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, melakukan bersih-bersih sungai dan penebaran bibit ikan endemik khas Sungai Welang, Minggu (18/07/2020) lalu. Kegiatan ini rencananya akan berlanjut minggu depan.

 

Aktivis lingkungan membersihkan sungai, langsung terjun ke sungai.

 

BASUKI Hartono, relawan WWI Regional Malang, bersama Relawan Sungai dan Lingkungan Indonesia (RSLI), serta Sekretaris Karang Taruna Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang dan Komunitas Mancing Doloer Waderan Jalur Gaza mengatakan, kegiatan ini positif. “Kita tak hanya mengajak warga memelihara ekosistem, tapi juga mengedukasi mereka tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan,  terutama di sungai,” katanya, Kamis (23/07/2020) pagi.

Seruan moral kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, khususnya sungai.

Tak hanya itu. Aksi bersih-bersih sampah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan budaya tidak membuang sampah di sungai. “Jika masyarakat membudayakan hal itu, saya yakin dua hingga tiga tahun ke depan, sungai bebas sampah,” ujar Basuki.

Basuki menyebut, nantinya akan semakin bertambah komunitas yang bergabung di baksos bersih-bersih sungai selanjutnya. Semakin banyak komunitas yang terlibat, maka kelestarian lingkungan semakin terjaga, termasuk kelestarian sungai dan ekosistemnya. “Kami mengimbau masyarakat membudayakan disiplin membuang sampah di tempat yang telah ditentukan. Jangan buang sampah di sungai.  Sebab membuang sampah di sungai beresiko banjir,” himbaunya.

Banyak segi positif yang diperoleh dengan kegiatan tersebut, mulai kekompakan antar komunitas, ilegal fishing, dan kelestarian lingkungan mulai utuh kembali. “Untuk sementara itu, pelaksanaannya di sekitaran Lawang dulu, terutama di aliran Sungai Welang, Sumbersuko, Sumber Ngepoh,  dan Polsek Lawang,” ujarnya.  (div/mat)