Aksi Kamisan Tuntut Pelanggaran HAM

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sempat dapat larangan dari kepolisian, aksi demo Kamisan di depan Balaikota Malang, Jawa Timur, akhirnya tetap berjalan, Kamis (06/09/2018).

 

MASSA yang diperkirakan berjumlah sekitar 50 orang ini, berkumpul di depan Balaikota Malang, dengan membawa sejumlah poster tuntutan. Mereka menuntut Pemerintahan  Presiden Joko Widodo, yang berjanji mengusut kasus – kasus pelanggaran HAM di Indonesia.

Para peserta aksi saat menyuarakan di depan Balaikota Malang.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Kamisan Malang, Julia Rachmawati meminta negara harus hadir dalam penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM. “Negara harus hadir dalam kasus pelanggaran HAM di Indonesia. Kita tunggu itikad baik dari pemerintah, bagaimana penyelesainnya,” tutur Julia.

Penyelesaian kasus pelanggaran HAM, dinilai belum menemukan titik temu. Beberapa di antaranya, kasus kematian Munir, Kasus Marsinah, Kasus 65, hingga Tanjung priok.

Aksi Kamisan rutin dilakukan setiap hari Kamis. “Ini bentuk penyampaian aspirasi dari rakyat Indonesia. Secara rutin, terus akan kami lakukan,” lanjutnya. (ide)