Akibat Hujan Angin, Rumah Warga Tumpang Porak-poranda

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Akibat hujan deras disertai angin kencang yang menerjang Selasa (19/02/2019), rumah milik Hasim Susiyono, warga Dusun Bangilan, Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, mengalami kerusakan.

 

 

Relawan PMI, BPBD dan Muspika Tumpang saat melakukan evakuasi dan pembersihan rumah milik Hasim Susiyono yang rusak terkena angin kencang.

MENURUT Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, sejak pukul 13.00 hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan petir mengguyur wilayah Kecamatan Tumpang. “Sepuluh menit kemudian, angin berhembus sangat kencang disertai petir, yang berakibat lepasnya atap rumah bagian belakang rumah Pak Hasim yang terbuat dari seng, dan asbes gelombang,”ungkap Mudji Utomo.

Bersamaan dengan terbangnya atap rumah Hasim, tembok bagian selatan pun ambrol karena tergerus air hujan yang deras. “Akibatnya, hampir setengah rumah korban mengalami kerusakan,” ungkap relawan senior PMI Kabupaten Malang.

Beruntung Hasim dan keluarganya berhasil menyelamatkan diri meski ditengah guyuran hujan. “Tidak ada korban jiwa maupun cedera, para penghuni rumah langsung keluar menyelamatkan diri,” tegas pria yang akrab disapa Mbah Tomo.

Mengetahui rumah Hasim rusak kena terjangan angin kencang, warga bersama perangkat desa setempat bahu membahu membersihkan tumpukan kayu dan material. “Bersama Muspika, BPBD Kabupaten Malang kami kami kemudian menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan assesment dan penanganan kedaruratan. Kalau untuk kerugian material ditaksir mencapai belasan juta rupiah, karena kerusakan cukup parah,” jelas Mudji Utomo.

Untuk meringankan beban derita Hasim, pihak Muspika, BPBD dan PMI Kabupaten Malang berencana memberikan bantuan. “Mungkin nanti akan dibuatkan tempat berteduh sementara, kita masih berkoordinasi. Untuk logistik atau sembako besok paling kita kirim,” pungkas Kasubsi PB PMI Kabupaten Malang. (diy)