TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Ahmad Faiz Wildan

Ahmad Faiz Wildan – Dwi Hari Cahyono Jadi Direktur PD. Jasa Yasa

Kekosongan Direksi PD. Jasa Yasa terisi juga. Ini setelah Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna melantik Dwi Hari Cahyono, SH sebagai Direktur Administrasi dan Ahmad Faiz Wildan, SS sebagai Direktur Usaha, Kamis (18/8/2016) pagi di Pendopo Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ahmad Faiz Wildan

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Malang nomor 188.45/459-460/KEP/35.07.013/2016 tentang Pengangkatan Direktur Administrasi dan Direktur Usaha PD Jasa Yasa Periode 2016-2020 yang ditetapkan di Kepanjen pada 18 Agustus 2016, dan dilanjutkan penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah jabatan kedua direktur tersebut.
Bupati Malang tetap mengharapkan agar kedua direktur yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Karena pada dasarnya, perusahaan daerah memiliki fungsi strategis yang mampu menunjang pendapatan daerah.
“Meskipun PD Jasa Yasa mengalami pasang surut, sistem aset harus ditata sedemikian rupa, karena sebagian menempati kepemilikan pemerintah daerah. Jadi manajemen jangan sampai amburadul dan bisa mencapai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” kata bupati.
“Saudara-saudara ini tidak bekerja sendiri-sendiri, namun saling menopang satu sama lain. Bekerjalah secara sinergi, saling berkaitan dengan semua pihak, dan membutuhkan dukungan (perbankan maupun perpajakan) agar tampil dengan lebih baik lagi sebagai perusahaan proporsional,” imbuh Rendra.
Mengingat tugas dan fungsi PD Jasa Yasa merupakan perusahaan daerah yang mempunyai visi misi bersifat sosial, diharapkan bisa memanfaatkan banyaknya potensi yang berada di wilayah Kabupaten Malang, seperti tempat-tempat wisata Pantai Balekambang, Pantai Ngilyep, Pemandian Dewi Sri, serta Hotel dan Pemandian Air Panas Songgoriti.
“Saya yakin, direksi sudah bagus. Selain itu perangkat juga bisa mengimbangi. Selamat bekerja bersama direktur utama terpilih di akhir tahun 2015 lalu dengan harapan bisa membantu percepatan pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang,” kata Bupati Malang.

PUNYA 8 UNIT USAHA
Perusahaan Daerah (PD. Jasa Yasa) memiliki 8 Unit Usaha, yaitu Pemandian Dewi Sri Pujon, Hotel dan Pemandian Air Panas Songgoriti-Batu, Pemandian Sumber Waras-Lawang, Pemandian Metro-Kepanjen, Pantai Ngliyep, Apotik Kabupaten, Pantai Balekambang dan Percetakan.
Mengingat potensi yang cukup besar, diharapkan para Direksi PD. Jasa Yasa yang baru dilantik, dapat mencari terobosan-terobosan atau inovasi-inovasi baru guna mengembangkan usaha-usaha dimaksud, dan meningkatkan kinerja PD. Jasa Yasa Kabupaten Malang. “Mengingat sesuai nmenklaturnya, bahwa sebagai Peru-sahaan Daerah, harus memiliki naluri bisnis (Bisnis Orien-ted) dengan kata lain keuntungan perusahaan menjadi hal yang sangat penting di samping memberikan jaminan kepuasan kepada masyarakat/ pelanggannya,” jelas bupati.
Dalam perkembangannya PD. Jasa Yasa Kabupaten Malang sesuai dengan kondisi realitas di-lapangan, keuntungan yang diperoleh belum dapat dikatakan signifikan, walaupun diakui bahwa sistem manajemen telah mengalami perubahan. Berdasarkan data terkumpul, laporan keuangan PD. Jasa Yasa (audited) tahun 2015 Total Aset sebesar Rp 14,379 miliar, Pendapatan Usaha Rp. 7,013 miliar, Laba bersih Rp 406 juta.
Dengan kondisi yang di bawah standar minimal ini, Direksi PD. Jasa Yasa yang baru diharapkan perlu melaku-kan beberapa langkah. Pertama, menyusun dan melaksa-nakan strategi pendayagunaan aset agar menghasilkan laba/ keuntungan yang lebih tinggi, sehingga perusahaan dapat memiliki tingkat rentabilitas yang lebih tinggi.
Kedua, perlu terus dilakukan upaya perbaikan atau penambahan sarana/fasilitas dan perbaikan pelayanan di Unit Usaha Wisata PD. Jasa Yasa, optimalisasi strategi promosi wisata, peningkatan kualitas SDM, dan efisiensi atau penghematan belanja/biaya perusahaan, dalam rangka peningkatan pendapatan seluruh unit-unit usaha perusahaan serta peningkatan laba dan kinerja perusahaan.
Ketiga, dapat melaksanakan tugas secara profesional, jujur, disiplin memiliki etos kerja yang tinggi, sesuai dengan yang diharapkan masyarakat serta dituntut mempunyai dua kemampuan yang sinergis yaitu penguasaan konseptual dan kemampuan teknis, khususnya dalam memacu sumber daya dan profesionalitas dalam pengelolaannya, sehingga pada akhirnya dapat menjadikan Kabupaten Malang mempunyai layanan unggul khususnya dalam bidang kepariwisataan dengan pilar utama sebagai penopang pelayanan dan kepuasan pelanggan.

WAJAH LAMA
Dwi Hari Cahyono, SH yang dilantik sebagai Di-rektur Administrasi PD. Jasa Yasa, bukan wajah baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. Politisi Par-tai Keadilan Sejahtera (PKS) ini pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2009 – 2014. Dia juga dikenal sebagai politisi yang punya insting bisnis.
Demikian pula Ahmad Faiz Wildan, SS yang diangkat sebagai Direktur Usaha PD. Jasa Yasa. Dia adalah politisi Partai Golkar dan pernah menjadi calon anggota DPRD 2014 – 2019 dari Daerah Pemilihan (Dapil) 4, namun gagal. Hingga sekarang dia juga masih aktif sebagai Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Malang.
Bahkan, beberapa tahun lalu, Wildan pernah menjadi tenaga honorer di Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM). Namun karena kesibukannya di organisasi di luar dinas, akhirnya dia melepaskan pekerjaan itu.*