Agus Suparmanto, Emban Tugas Menteri Sesuai Pesan dan Ajaran Kyai

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Salah satu kejutan dalam daftar “Kabinet Indonesia Maju” periode 2019 – 2024 yang diumumkan Presiden RI, Joko Widodo adalah Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto. Selain dikenal sebagai pengusaha, Agus Suparmanto ternyata seorang santri yang pernah mondok di sebuah pesantren di daerah Jawa Timur.

 

 

Mendag Agus Suparmanto (nomor 3 dari kanan).

H.R SANTOSO, Ketua DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) mengaku cukup mengenal sosok Menteri Perdagangan ini, karena pernah menjadi teman satu pondok kala belajar di salah satu pesantren di Tulungagung, Jawa Timur.

“Jabatan itu diemban Agus Suparmanto tak lepas dari segudang pengalaman yang dia miliki,” terang Santoso, Jumat (25/10/2019).

Di dunia usaha, Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kelahiran Jakarta 23 Desember 1965 itu memiliki pengalaman beragam sebagai seorang pengusaha profesional dan CEO diberbagai perusahan.

Agus Suparmanto, menghabiskan masa kecilnya di  Jakarta. Sekolah di SD Budhaya Jakarta, SMPN 14 Jakarta, SMAN 8 Jakarta dan Pendidikan S1 di Universitas Nasional. Agus sempat menimba ilmu agama juga di pondok pesantren di Jawa Timur.

Saat diberikan tugas menjadi Menteri Perdagangan oleh Presiden Jokowi, sebagai seorang santri yang berjiwa pengusaha, Agus Suparmanto menerima, karena pesan dan ajaran para kyai agar santri meningkatkan kemampuan untuk mengisi pembangungan, menghilangkan kemiskinan,  dan membangun kesejahteraan rakyat.

Selain sebagai pengusaha, Agus Suparmanto juga aktif pada kegiatan organisasi keolahragaan. Pada 2014 ditunjuk sebagai Ketua Umum PB IKASI (Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia) periode tahun 2014-2018 dan berlanjut lagi periode 2019 – 2022.

Di tingkat Asia, melalui General Assembly di Tokyo, Jepang, Agus Suparmanto terpilih sebagai Wakil Presiden FCA (Fencing Confederation Of Asia/konfederasi Anggar Seluruh Asia) periode  2017 – 2020. (ang)