Abd Saleh Layak Jadi Bandara Internasional

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Setelah lama menjadi wacana dan kajian, akhirnya Bandara Abdurahman Saleh di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dinyatakan layak menjadi bandara bertaraf internasional.

 

Bandara Abdurahman Saleh di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ist)

 

Kepala Badan Perencana Pembangunan Kab Malang, Tomie Herawanto

KEPALA Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Malang, Tomie Herawanto, menjelaskan, berdasarkan kajian yang dilakukan di sebuah hotel di Kota Malang  beberapa waktu lalu, dari segi kelayakan, bandara ini layak dinaikan statusnya menjadi bandara bertaraf internasional.

“Kajian yang dilakukan oleh teman – teman dari Unibraw, Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, serta masyarakat, menyatakan bahwa bandara Abd Saleh layak  menjadi bandara internasional,” tegas Tomie, Kamis (20/12/2018).

Menurut Tomie, tanggapan pemerintah pusat terhadap layaknya bandara Abd Saleh menjadi bandara internasional,  sangat baik.  “Karena ini benderanya pariwisata, maka nanti Kementerian Pariwisata yang akan meminta ijin ke KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) untuk  menjadi bandara internasional, “jelasnya.

Dengan meningkatnya status menjadi bandara internasional, mau tidak mau, bandara milik TNI AU ini harus membenahi insfrastrukturnya. “Memang perlu ada penambahan insfrastruktur. Untuk operasionalnya, selambat – lambatnya dua tahun sudah clear,” tandas Tomie.

Jika bandara Abdurahman Saleh sudah menjadi bandara internasional, hal ini sangat bagus bagi perkembangan pariwisata di Malang Raya. Pesawat dari luar negeri bisa langsung mendarat di Malang, sehingga dengan begitu diharapkan akan semakin banyak wisatawan mancanegara yang pelesir di Malang. (diy)