9 Rumah Kalipare Rusak Diterjang Puting Beliung

Rumah warga Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang yang terdampak puting beliung.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sembilan rumah milik warga  Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang (puting beliung), Senin (26/11/2018).

 

KEPADA awak media, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Leonard Agus Supardi membenarkan terjadinya puting beliung yang merusak rumah warga di Desa Arjowilangun tersebut.

“Benar, ada rumah warga rusak akibat puting beliung. Saat ini kami sedang meluncur ke lokasi untuk penanggulangan dan assesment. Sementara baru itu yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf ya, ” kata Leo.

Secara terpisah, menurut Purnadi, perangkat Desa Arjowilangun yang dihubungi melalui sambungan telepon menyatakan,  puting beliung terjadi pukul 13.30 WIB. “Kejadiannya pukul 13.30 WIB, saat hujan lebat, kemudian dibarengi angin kencang yang berputar dengan radius 500 sampai 600 meter di Dusun Barisan RT 20 dan 21 / RW 02 Desa Arjowilangun,” jelasnya.

Meskipun puting beliung tidak begitu besar, namun tak urung sejumlah rumah warga mengalami kerusakan. “Untuk korban jiwa maupun cedera tidak ada, karena memang skala angin tidak besar. Tapi kalau kerusakan, ada sembilan rumah warga yang rusak,” ungkap Purnadi.

Rumah Saeroji dan Rudi mengalami kerusakan paling parah, karena atap dapurnya jebol. Garasi milik Marka’i tak luput dari terjangan angin yang bergerak memutar, sehingga mengalami kerusakan pada bagian atap. Sedangkan kerusakan ringan yang umumnya terjadi pada atap dan plafond menimpa rumah Boirin, Parji, Mat Sai, Mat Sarah dan Ngatimo serta Puji.

Berdasarkan jenis kerusakan pada masing-masing rumah, Purnadi memperkirakan kerugian mencapai Rp 30 juta. “Perkiraan saya,  untuk kerugian material dalam kisaran segitu. Yang rusak agak parah kan dua rumah. Lainnya tidak terlalu, hanya atap saja. Tembok dan bangunan tidak apa-apa,” tandasnya.

Begitu hujan reda, warga pun bahu- membahu membantu membersihkan dan merapikan rumah warga lain yang mengalami kerusakan akibat puting beliung.  (diy)