60 Pelari Ikuti The Relay Run 1.260 Km

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M, memberangkatkan peserta The Relay Run 1.260 Km dari garis start di Wisata Lembah Indah Malang, Jawa Timur, Sabtu (07/11/2020) pagi. Event yang digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-1260 Kabupaten Malang tahun 2020 ini diikuti 60 pelari. Mereka akan melintasi sejumlah tempat wisata di Kabupaten Malang.

 

Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M, memberangkatkan peserta The Relay Run 1.260 Km dari garis start di Wisata Lembah Indah Malang, Jawa Timur, Sabtu (07/11/2020) pagi.

 

PAULUS Oliver Joesoef, mendapat kesempatan pertama memegang tongkat estafet dari garis start. Dia akan berlari sepanjang 21 Km dengan melintasi jalur 90 persen aspal dan 10 persen makadam dengan finish Desa Gondowangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M, Sekda Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, bersama salah satu pelari, Paulus Oliver Joesoef sebelum memberangkatkan peserta The Relay Run 1.260 Km.

Dari Gondowangi, tongkat estafet akan diserahkan kepada pelari berikutnya, Firman Alif Perkasa yang juga akan berlari 21 Km hingga finish di Desa Beji, Kecamatan Pakisaji.

Kemudian, pelari ketiga, Sutasli Aripin yang akan berlari sejauh 21 Km dari Desa Beji hingga finish di Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari. Konsep ini berlanjut hingga hari ke- 20. Tiap hari ada tiga pelari yang akan turun untuk melalui rute yang sudah ditentukan panitia.

‘’Kegiatan keolahragaan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-1260 Kabupaten Malang. Selain untuk memeriahkan hari bersejarah bagi Kabupaten Malang, kegiatan ini sekaligus sarana kampanye untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam berolahraga. Apalagi saat ini ancaman terhadap pandemi COVID-19 juga masih menjadi hal yang patut diwaspadai. Salah satu antisipasinya, olahraga,” kata Pjs. Bupati Malang, Drs. Sjaichul Ghulam, M.M, saat memberikan sambutan sebelum melepas peserta.

Sjaichul Ghulam mengatakan, olahraga penting digalakkan, karena akan mewujudkan masyarakat sehat tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Di sisi lain,  olahraga yang ramah lingkungan semacam ini dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan. “Selain itu, The Relay Run 1260 Km ini dapat dijadikan sebagai ajang promosi wisata Kabupaten Malang. Sebab, sebanyak 60 peserta yang ikut lomba akan melewati rute yang sudah ditentukan, khususnya spot-spot wisata,” jelasnya.

Dia menjelaskan, ’Kabupaten Malang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya  menggali, mengelola,  dan menata manajemen pariwisata, sehingga ke depan sektor pariwisata dapat menjadi salah satu kekuatan utama yang menjadi andalan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Untuk itu, menjadi harapan kita bersama, agar kegiatan ini dapat menjadi pendukung sekaligus pengungkit  tumbuhnya pariwisata Kabupaten Malang,” jelas Ghulam.

Karena sekarang masih dalam kondisi COVID-19, Pjs. Bupati pun mengingatkan panitia,  peserta, serta semua pihak yang ikut berpartisipasi, agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah munculnya cluster baru. (div/mat)