5 Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Game GAMELAN

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Lima mahasiswa Universitas Brawijaya, memperkenalkan inovasi kreatif media pembelajaran berbasis game, yakni Game Mengenal Budaya Nusantara (GAMELAN).

 

Aplikasi game GAMELAN untuk semangat belajar siswa SD.

KELIMA mahasiwa itu, Aditya Yusril Fikri (Teknik Informatika), Guedho Augnifico Mahardika (Teknik Informatika), Lina Fitra (Teknik Informatika), Farid Adi Wijaya S. (Teknik Informatika) dan Hidayatul Mahmudah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Menurut Aditya, GAMELAN adalah inovasi pembelajaran berbasis game pengenalan budaya nusantara siswa sekolah dasar (SD). Pada kurikulum 2013, siswa mendapat buku tematik, termasuk kebudayaan.

“Dengan game GAMELAN, siswa diajak untuk berkeliling Indonesia melalui berbagai mini games, komik atau media interaktif lainnya,” terang Aditya, Sabtu (07/07/2018).

Cara memainkan game GAMELAN, lanjut Aditya, dibagi ke beberapa kelompok, berisi dua hingga tiga siswa. Pembagian kelompok untuk menyesuaikan ketersediaan komputer dengan jumlah siswa. Kemudian setiap siswa dibagikan buku pegangan berisi modul, latihan, tugas dan tempat penempelan stiker sebagai reward. Selanjutnya, siswa diarahkan untuk memainkan game GAMELAN.

“Pada awal permainan, siswa membuat akun kelompok, mengisi biodata setiap anggota. Game dimulai dengan menampilkan peta Indonesia, terbagi dalam tiga bagian,  yaitu Indonesia Barat, Tengah dan Timur,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, di akhir mini games, siswa menjawab pertanyaan terkait kebudayaan yang diangkat pada games bersangkutan. Siswa mendapat reward berupa stiker. Pemberian reward akan memberikan dorongan siswa untuk belajar, selain media game yang menyenangkan.  (ide)