TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Unisma meraih rekor MURI dengan tajuk ‘Unggahan Video Ekspresi Cinta Tanah Air di Media Sosial’.

4.527 Maba Ikuti OSHIKA, Unisma Buat Rekor MURI

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sebanyak 4.527 mahasiswa baru Universitas Islam Malang (Unisma) mengikuti Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (OSHIKA Maba) 2021/2022 selama 3 hari, Senin – Rabu (06 – 08/09/2021). Dari jumlah itu, hanya 50 mahasiswa hadir secara luring, sisanya melalui daring.

 

Peserta Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (OSHIKA Maba) 2021/2022 bersama jajaran yayasan dan rektor.

 

PADA sesi penutupan OSHIKA Maba, Rabu (08/09/2021), juga dilakukan secara langsung dan virtual di Gedung Bundar Al Asy’ari Unisma, dihadiri petinggi universitas dan perwakilan maba. Acara ini berlangsung meriah dan berhasil memecahkan rekor MURI.

Unisma meraih rekor MURI dengan tajuk ‘Unggahan Video Ekspresi Cinta Tanah Air di Media Sosial’.

“Alhamdulillah kita mendapatkan rekor MURI  dengan tajuk  ‘Unggahan Video Ekspresi Cinta Tanah Air di Media Sosial’. Ini adalah bagian dari kontribusi Unisma, khsusunya kontribusi mahasiswa baru 2021 – 2022 untuk membangkitkan semangat jiwa kebangsaan yang bersama-sama dengan publik melakukan aksi nyata,” kata Rektor Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si.

Maskuri menuturkan, untuk kesekian kalinya, MURI telah memberikan anugerah  yang membanggakan Unisma. Ini menandakan bahwa Unisma tidak berhenti dalam zona nyaman yang telah diraih. “Ini yang membedakan dengan universitas lain. Baik lompatan-lompatan inovasi, keintelektualan, dan keagamaan,” ujarnya.

Prof Maskuri menjelaskan, Oshika telah usai dilalui selama tiga hari.  Karena itu masih pengenalan, maka harus ada follow up,  baik perkuliahan, organisasi kemahasiswaan, dan sebagainya.  “Dalam rangka mempersiapan sumber daya manusia dalam dimensi intektualitas, keagamaan, dan kebangsaan, maka perlu ada follow up setelah Oshika,” ujarnya.

Karena masih dalam kondisi pandemi COVID 19, hanya 50 mahasiswa baru dari 4.527 mahasiswa baru yang mengikuti Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (OSHIKA Maba) 2021/2022 selama 3 hari, Senin – Rabu (06 – 08/09/2021) di Unisma.

Menurutnya, tiga dimensi harus diintergrasikan, yaitu sosok intelektual Indonesia yang memiliki wawasan luas, bukan hanya  di dalam negeri tapi skala dunia. “Caranya,  dimulai dari hal kecil berfikir mendunia,” katanya.

“Alhamdulillah acara telah terlaksana dengan baik. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, membantu, dan mengapresiasi Oshika Maba 2021, mulai wakil presiden, para menteri, gubenur, wali kota, bapak rektor  beserta jajaran,  dan semua panitia yang terlibat,” kata Wakil Rektor III Unisma,  Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, MP.

Perwakilan dari MURI (Musium Rekor Indonesia), Sri Widayati, menjelaskan, Unisma bukan kali pertama ini menorehkan rekor, tapi sudah delapan rekor yang tercatat di MURI. “Raihan Unisma kali ini telah tercatat sebagai ‘Unggahan Video Ekspresi Cinta Tanah Air di Media Sosial’ terbanyak oleh mahasiswa baru. Kami merinding melihat  kreativitas yang dilakukan mahasiswa. Kami bangga pada kalian semua atas rasa cinta tanah air,” pungkasnya. (div/mat)