343 Pesilat Berlaga di Festival Silat Suramadu II 2018

SURABAYA,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 343 pesilat se-Jawa Timur, Minggu (18/11/2018) mengikuti kejuaraan silat di Kaza City Mall Surabaya. Ratusan pesilat dari 23 perguruan silat di Jawa Timur, adu ketangkasan jurus silat dalam kejuaraan bertajuk Festival Pencak Silat Suramadu II 2018.

 

Sebanyak 343 pesilat se-Jawa Timur, Minggu (18/11/2018) mengikuti kejuaraan silat di Kaza City Mall Surabaya. Tampak para pesilat menampilkan jurus andalannya.

 

DALAM kejuaraan yang diprakarsai (IPSI) Kota Surabaya ini, jumlah peserta yang ikut tahun ini meningkat dibanding 2017. “Peningkatannya luar biasa. Kita sampai membatasi hingga 343 pesilat,” terang Ketua Panpel Festival, Boyke Santoso.

Ditambahkan Boyke, kejuaraan ini sengaja digelar kembali karena untuk melestarikan budaya asli bangsa Indonesia, yakni pencak silat. “Selain itu, kejuaraan ini juga sebagai pembinaan masing-masing pesilat serta mencari bibit-bibit atlet silat,” tambah Boyke.

Pada pelaksanaan kejuaraan ini, setiap perguruan silat mempertunjukkan dan memeragakan jurus-jurus andalannya, yang menjadi ciri khas perguruan silat tersebut. “Itulah yang menjadi kekayaan budaya bangsa kita,” tandas Boyke.

Karena mengandalkan jurus-jurus andalan dan ilmu silat yang berbeda, beberapa peserta optimis menjadi yang terbaik dalam kejuaraan tersebut.

“Meski peserta lain terbilang berat,  namun kita optimis menjadi yang terbaik. Terlebih kita sudah berlatih selama satu bulan untuk menghadapi kejuaraan ini,” ungkap Rohman dan Faris, peserta dari Kota Surabaya.

Sementara itu, kejuaraan ini terbagi menjadi tiga kelas, yakni perorangan, berpasangan dan berkelompok. Pemenang dalam kejuaraan silat ini memperebutkan uang tunai dan trophy. “Untuk juara satu hadiahnya Rp 2 juta, juara kedua menerima hadiah Rp 1 juta, sedangkan juara tiga menerima Rp 750 ribu,” pungkas Boyke. (ang)