2 Rumah Warga Wirotaman Tertimbun Longsor

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Hujan deras yang turun sejak sore hari membuat dua rumah di Dusun Sukodadi, Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur tertimpa material longsoran tanah, Kamis (21/06/2018).

 

Muspika dan relawan PMI gotong royong bersama masyarakat, menyingkirkan material longsor yang menimpa dapur milik Mariadi dan Miseni Dusun Sukodadi, Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

DIHUBUNGI melalui sambungan telepon, Kapolsek Ampelgading, AKP Trianto membenarkan terjadinya tanah longsor di Desa Wirotaman tersebut. “Betul, ada kejadian tanah langsor yang menimpa dua rumah milik warga di Desa Wirotaman,” terang Trianto.

Mantan Kapolsek Tajinan ini menambahkan, longsornya tebing di belakang rumah Mariadi (49) dan Miseni (45), warga Wirotaman, terjadi pada Kamis dinihari. “Kejadiannya diperkirakan dini hari, setelah sebelumnya hujan lebat mengguyur sejak sore hari. Akibatnya longsoran itu, dua dapur milik warga desa setempat tertimbun material longsoran,”jelasnya.

Beruntung, runtuhnya tebing yang terletak tepat di belakang rumah tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. “Nihil korban jiwa maupun cedera. Hanya kerugian material akibat dapur rumah warga yang rusak. Diperkirakan nilai kerugian mencapai jutaan rupiah,” papar Kapolsek Ampelgading.

Dapur milik Mariadi dan Miseni di Dusun Sukodadi, Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tertimpa longsor.

Dengan kontur yang berbukit-bukit, daerah Kecamatan Ampelgading, khususnya Desa Wirotaman, memang rawan longsor, terutama jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi seperti Kamis dini hari tersebut. “Dengan kondisi seperti ini, saya himbau kepada warga yang kebetulan rumahnya berdekatan dengan tebing agar waspada dan berhati-hati jika turun hujan lebat,” himbau Trianto.

Paska longsor, Muspika Kecamatan Ampelgading dan relawan PMI Kabupaten Malang, serta warga sekitar, bahu- membahu membersihkan material longsor yang menimbun dapur milik Mariadi dan Miseni.

Sementara itu, setelah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Dinas Sosial langsung meluncurkan bantuan kepada para korban. “Bantuan untuk korban longsor di Ampelgading kami luncurkan. Ini dilakukan untuk membantu meringankan beban para korban,” kata Agus, salah satu pejabat Dinas Sosial Kabupaten Malang.  (diy)