1.600 Mahasiswa UIN Wisuda Online

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – UIN Maulana Maliki Ibrahim, Malang, Jawa Timur, mengadakan wisuda untuk sarjana dan pascasarjana secara daring, Selasa (17/11/2020). Wisuda periode II dan  lll tahun 2020 ini diikuti 1.600 mahasiswa/mahasiswi, terbagi  800 mahasiswa setiap periode.

 

Rapat Terbuka Senat UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

 

REKTOR UIN Maulana Maliki Ibrahim, Prof. Dr. Abdul Haris, Mag, mengatakan, wisudawan terbaik program sarjana dan pascasarjana UIN Maliki Malang periode II tahun 2020 diraih Umi Anisa dengan indeks prestasi 3.94 dari jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Arifka Mahmudi dengan indeks prestasi 3.97 dari Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab.

Rektor UIN Maulana Maliki Ibrahim, Prof. Dr. Abdul Haris, Mag, membacakan sambutan saat wisuda mahasiswa.

Pada wisuda periode ll tahun 2020, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) berjumlah 205 mahasiswa, Fakultas Syariah berjumlah 116 orang, Fakultas Humaniora 44 orang, Fakultas Psikologi berjumlah 35, Fakultas Ekonomi 87 orang, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) berjumlah 197 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) berjumlah 17 orang, dan Program Pascasarjana berjumlah 99 mahasiswa.

“Sebanyak 383 mahasiswa atau 54,92% wisudawan program sarjana meraih predikat cumlaude. Predikat sangat baik berjumlah 298 atau 42,51%, predikat baik 18 mahasiswa atau 0,257 persen, dan predikat cukup,  nihil,” kata rektor.

Rektor menjelaskan, rata-rata IPK mahasiswa program sarjana yakni 3,52, program magister dan doktor yang meraih predikat cumlaude berjumlah 69 mahasiswa atau 69,70%, predikat sangat memuaskan berjumlah 35 mahasiswa atau 30,30%, dan predikat memuaskan,  nihil. Rata-rata IPK untuk program magister dan doktor 3,62.

Wisuda 1.600 mahasiswa UIN Maulana Maliki Ibrahim, Malang berlangsung secara daring dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Rektor UIN Maulana Maliki Ibrahim, Prof. Dr. Abdul Haris, Mag, mengatakan, kepada awak media, selesai acara, “Alhamdulillahirabbilalamin,  hari ini kita bisa mengadakan kegiatan yang unik,  yaitu wisuda  online periode II dan periode lll tahun 2020 di UIN Maulana Malik Ibrahim berjalan dengan lancar. Memang, beberapa pihak ada yang kecewa karena wisuda digelar daring. Akan tetapi kebijakan ini demi kemaslahatan bersama,” katanya.

Wali Kota Malang, H. Sutiaji  memberikan selamat kepada para mahasiswa yang sudah lulus melalui zoom. “Saya juga alumni IAIN Malang (saat ini Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Saya berharap kedepannya lulusan UIN Malang tak hanya menjadi orang yang di belakang, namun menjadi seorang pemimpin yang terdepan,” katanya.

Menurut Sutiaji, pemimpin jebolan kampus berlogo ulul albab tentu akan sangat berbeda dengan orang lain. Ia yakin, lulusan UIN Malang, khususnya Fakultas Syariah, akan lebih bermoral. Bapak empat anak ini menjabarkan tiga unsur yang harus dimiliki seorang pemimpin. Yakni kompetensi, integritas, dan moral. “Pemimpin yang memiliki tiga unsur tersebut akan menjadi uswatun hasanah bagi masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, wisuda periode ll dimulai pukul 08.00 WIB – 09.30 WIB. Periode lll  mulai pukul 10.00 WIB – 12.00 WIB. Wisuda berlangsung secara live streaming dari gedung rektorat lantai 5 UIN Maliki Malang, dengan tetap menerapkan  protokol kesehatan. Meski berlangsung secara  online,  wisuda periode II dan  lll  tahun 2020 tersebut berjalan tertib dan lancar.  (div/mat)