1.329 KK Putukrejo Kesulitan Air Bersih

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kemarau  yang terjadi tahun ini, mulai membuat warga kesulitan air bersih. Salah satunya dialami warga Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebanyak 1.329 kepala keluarga (KK) butuh bantuan air bersih untuk minum dan masak.

 

Bupati Malang, HM Sanusi meninjau Desa Putukrejo, Kecamatan Kalipare yang kekeringan.

 

MENURUT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, warga mulia mengalami kesulitan air bersih sejak Agustus 2019. Tapi mereka masih bisa mencukupi dengan cara membeli atau mengambil dari sebuah sumber yang jaraknya sekitar 1 km dari rumah.

“Jadi, kalau hanya untuk minum dan masak saja, untuk sementara masih bisa diatasi dengan cara beli atau mengambil dari sumber. Memang, jarak sumber air dengan tempat tinggal mereka agak jauh, antara 1 km hingga 2 km. Tapi masih bisa dijangkau,” kata Bambang Istiawan, Senin (01/10/2019).

Bambang Istiawan.

Namun untuk meringankan beban warga setempat, pada Senin (01/10/2019) siang, BPBD dan PDAM Kabupaten Malang mengirim 10.000 liter air bersih di desa ini.  “Untuk sementara jumlah ini cukup. Kalau nanti ada permintaan lagi, akan didroping lagi,” katanya.

Bupati Malang, HM Sanusi yang turnun ke lokasi kekeringan mengatakan, sebagai penanganan krisis air bersih di Desa Putukrejo, Pemkab Malang membantu pengadaan air bersih menggunakan truk tangki. Namun ke depan, di tahun 2020, Pemkab Malang programkan pembuatan sumur bor bagi desa ini dengan menggunakan dana program Aspirasi Kepala Desa. Semua dibiayai pemerintah melalui program bantuan menggunakan dana APBD.

 ”Jika daerah yang kerap alami kekeringan, Askades ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi emergency yang terjadi di masing-masing desa. Hanya saja yang mengerjakan pembangunan adalah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait,” jelas Bupati Malang.

Sanusi datang ke lokasi kekeringan bersama Kapolres Malang, AKBP. Yade Setyawan Ujung, SIK dan Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Kol. Inf. Ferry Muzawwad. Mereka ingin  mengetahui sejauhmana perkembangan krisis air yang dialami warga Desa Putukrejo, sekaligus memberikan bantuan air bersih.

Catatan Pemkab Malang sudah ada 11 desa yang mengalami krisis air bersih akibat musim kemarau, tersebar di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kalipare, Jabung, Pagak dan Sumberpucung. Bantuan air bersih diberikan berdasar permintaan masyarakat, daya tampung tandon, dan kebutuhan. (bri/mat)